4 Olahan Kacang Kenari yang Enak dan Menyehatkan

0 Comments

Kacang kenari mungkin tidak terlalu dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Padahal manfaat kacang kenari untuk kesehatan begitu banyak dan berlimpah, misalnya meningkatkan kesehatan fungsi hati dan tulang, menjaga kestabilan berat badan, mengurangi peradangan, dan manfaat lainnya bagi tubuh manusia. Selain karena memang tanaman ini berasal dari Amerika Utara bagian Timur, kacang kenari di Indonesia juga tumbuh di daerah timur Indonesia saja, seperti di Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Kacang yang memiliki nama latin Canarium indicum, L ini termasuk buah tahunan yang bisa dipanen saat bulan Juli hingga Desember. Kenari memiliki kandungan air sebanyak 2—8% sehingga setelah dipanen, kacang kenari harus segera diproses dan disimpan secara benar sehingga mencegah tumbuhnya jamur dan serangan serangga. Adapun suhu yang dibutuhkan untuk menyimpan kacang kenari yang ideal agar bisa tahan lebih lama adalah pada suhu -3-0°.

Pada dasarnya, kacang kenari bisa dimakan langsung secara mentah atau dipanggang terlebih dulu. Kacang kenari juga bisa diolah menjadi makanan, minuman, atau pun jajanan khas Indonesia timur loh. Sudah banyak produsen yang memproduksi berbagai olahan kacang kenari ini untuk dipasarkan baik di dalam atau ke luar negeri. Bahkan kacang kenari yang dipanen dari Ambon memiliki ukuran yang sangat besar sehingga sering menganggap kacang kenari Ambon berasal dari luar negeri.

4 Olahan Kacang Kenari yang Enak dan Menyehatkan

  • Air Guraka

Air guraka adalah salah satu minuman rempah khas Ternate yang mengandung kacang kenari di dalamnya. Air guraka ini terdiri atas jahe yang dicampur gula merah, lalu ditabur kacang kenari di atasnya. Disajikan saat panas dan bermanfaat menghangatkan diri. Air guraka ini jamak ditemui di kalangan muda mudi Ternate saat nongkrong bersama teman. Biasanya disajikan bersama pisang goreng tipis yang dicocol ke sambal ikan.

  • Roti isi selai kenari

Masih berasal dari Ternate, olahan kacang kenari yang berikutnya adalah roti isi selai kenari. Rotinya pun beragam, ada jenis roti basah ataupun roti kering. Roti isi selai kenari ini menjadi favorit wisatawan, apalagi roti kering yang dipanggang dengan topping kenari potong di atasnya. Rasanya yang tidak terlalu manis dan gurih, membuat roti ini cocok dihidangkan bersama kopi atau teh hangat.

  • Bagea kenari

Bagea adalah salah satu jenis kue kering yang berasal dari tepung sagu yang diolah bersamaan dengan pala dan gula merah. Teksturnya keras sehingga sulit jika dimakan secara langsung, akan lebih nikmat jika dicelup ke dalam kopi, teh, ataupun susu. Rasa bagea ini kaya akan rempah karena terdapat kayu manis di dalamnya. Yang membedakan bagea ini dengan bagea yang lain adalah ada tambahan kacang kenari pada olahan adonan bageanya.

  • Kenari rebus

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kacang kenari, Anda bisa mencoba olahan kenari rebus. Caranya adalah dengan membersihkan kacang kenari dengan air mengalir, lalu jemur kacang kenari dalam waktu satu hari sehingga warnanya berubah menjadi cokelat tua agar tidak lembab. Saat ingin merebusnya, usahakan tidak menggunakan bumbu agar rasa asli kenari tidak hilang. Perebusannya juga cukup 30 detik saja. Lalu kacang kenari bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat untuk mendukung diet Anda.

Baca Juga :  Berbuka Puasa dengan Wedang Secang, Enak dan Menyehatkan

Jika Anda tertarik untuk mengetahui manfaat kacang kenari lainnya bisa cek di sini.