5 Manfaat Puasa Ini Terbukti Secara Ilmiah

0 Comments

Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu kaum muslim di seluruh dunia. Karena pada bulan ini, seluruh amalan dilipatgandakan nilainya, dan setan kini dibelenggu di neraka. Jadi, saat ini adalah waktu yang sangat tepat bagi umat muslim untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa. Namun, tahukah Kamu bahwa manfaat puasa tidak hanya dapat meng-upgrade kondisi rohani, tapi juga jasmani kita?

5 Manfaat Puasa Ini Terbukti Secara Ilmiah

Berikut ini adalah lima manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita yang telah terbukti secara ilmiah:

  • Menurunkan berat badan

Banyak orang melakukan diet dengan modifikasi puasa seperti intermittent fasting ataupun diet OCD ala Deddy Corbuzier untuk mengurangi berat badan. Dan secara logika pun ini masku akal tentunya. Dengan mengurangi asupan kalori tanpa mengurangi aktivitas otot, puasa adalah metode yang efektif untuk mengurangi berat badan seseorang.

Yang lebih menarik, menurut hasil studi yang terbit di Nutritional Review pada 2015, menunjukkan bahwa puasa sebagaimana yang dilakukan kaum muslim dapat menurunkan hingga 9% berat tubuh, serta mengurangi lemak secara drastis jika dilakukan hingga 24 minggu. Hal ini karena penurunan berat badan saat kondisi berpuasa tidak hanya disebabkan oleh pembatasan nutrisi, melainkan optimasi metabolisme dalam tubuh.

  • Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pengurangan kalori yang tersistem dapat melindungi otak dari proses neurodegenerative seperti yang terjadi dalam kasus Alzheimer dan Parkinson. Selain laporan tersebut, penelitian lebih baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One pada 2013, berhasil menunjukkan adanya peningkatan fungsi dan struktur otak pada tikus setelah 11 bulan menjalani puasa dengan kontrol yang tepat. Meskipun penelitian untuk pengaruh puasa dalam sistem otak masih dilakukan pada hewan, potensinya pada manusia mungkin bisa segera ditemukan.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Bukan rahasia bahwa penyakit jantung adalah penyakit tidak menular paling berbahaya dengan tingkat kematian tertinggi di dunia. Hasil studi terhadap 110 orang dewasa dengan obesitas yang terbit pada 2007 silam di jurnal Srpski Arhiv za Celokupno Lekarstvo, menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu secara gradual dapat mengurangi tekanan darah, kolesterol total, dan lemak jahat penyebab utama penyempitan pembuluh pada jantung yang dapat berujung kematian. Penelitian dari Serbia ini menunjukkan potensi besar dari puasa untuk kesehatan manusia.

  • Menurunkan resistensi urin

Sebuah review ilmiah yang berhasil terbit di Translational Research (2014) menjelaskan salah satu hasil studi pada objek yang menjalani puasa terhadap perubahan sistem hormonnya. Dari hasil riset menunjukkan bahwa intermittent fasting (membatasi waktu makan harian menjadi delapan jam) dan alternate-day fasting (tidak makan selama satu hari penuh, tapi boleh minum) sama-sama efektif dalam mengurangi resistensi insulin.

Baca Juga :  7 Tips Bekerja dari Rumah di Tengah Wabah Agar Dijamin Tetap Sehat dan Produktif

Jika resistensi insulin dalam tubuh berkurang, berarti tingkat sensitivitas tubuh terhadap insulin akan meningkat. Kondisi ini menjadikan pemindahan glukosa dari darah ke sel menjadi lebih efektif. Dengan demikian, proses berpuasa juga dapat membantu penstabilan kadar gula dalam darah.

  • Memperpanjang usia

Sebuah tim yang berisi ilmuwan dari Georgia State University menjelaskan hasil riset mereka terhadap adanya produksi molekul β-Hydroxtbutarate (β-HB) dari organ hati selama proses berpuasa atau saat pembatasan kalori, yang dapat menunda proses penuaan sel pembuluh darah. Biomolekul ini dapat membatu mencegah cellular senescence pada sel endothelial yang melapisi permukaan dalam pada pembuluh kita.

Molekul β-HB ini tidak hanya mencegah pengurangan kemampuan sel untuk membelah diri akibat akumulasi rusaknya DNA, namun juga turut mendorong sistem sel dalam memperbanyak diri. Proses ini lah yang diketahui sebagai faktor utama dalam penuaan pada makhluk hidup.

 

Itulah lima manfaat puasa bagi kesehatan kita yang telah terbukti secara ilmiah. Karena puasa tidak hanya meningkatkan kualitas keimanan, inilah saat yang tepat bagi kita untuk hidup lebih sehat.

Jadi, semoga puasa kita sempurna baik rohani maupun jasmani ya!