Ini Resep Ayam Kecap Nikmat A La Restoran!

0 Comments

Mendampingi tumbuh kembang si kecil, tentu tidak lepas dari drama mogok makan. Masa ketika si kecil mogok makan tentu membuat pusing para orang tua. Mau tidak mau, sebagai orang tua pun harus memutar otak memikirkan menu makanan yang kiranya menggugah selera dan membuat si kecil kembali makan dengan lahap. Nah, salah satu inspirasi makanan yang dapat Anda coba bikin adalah ayam kecap. Membuat ayam kecap pun tidak susah. Banyak beredar resep ayam kecap yang simpel namun tetap lezat. Penasaran dengan resep ayam kecap a la restoran? Yuk simak!

Ayam Kecap Lezat

Bahan :
Ungkep Ayam
1 ekor ayam negeri, potong kecil (biasanya menjadi 16 bagian)
3 siung bawang putih, cacah halus
Garam dan merica
200 ml air
minyak goreng secukupnya

Bumbu Kecap
1 buah bawang bombai, potong memanjang
5 siung bawang putih, cacah halus
3 sdm mentega
5 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat :
1. Potongan ayam yang telah dicuci bersih, diungkep sebentar dengan bawang putih, garam dan merica menggunakan air. Kurang lebih 15 menit
2. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng ayam dengan api sedang hingga kecoklatan. Pastikan ayam tidak digoreng hingga kering. Angkat dan sisihkan.
3. Dengan menggunakan mentega, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum dan layu.
4. tambahkan kecap, saus tiram dan kecap inggris. Koreksi rasa seperlunya. Tambahkan garam, merica dan air bila dibutuhkan.
5. Masukkan ayam yang telah digoreng, ke dalam saus, aduk rata sebentar.
6. Angkat dan sajikan!

Catatan
– Lebih disarankan menggunakan ayam negeri karena tekturnya yang empuk dan juicy. Namun, apabila ingin menggunakan ayam kampung juga tidak masalah. Namun perpanjang waktu ungkepnya agar daging lebih empuk
– Ayam yang diungkep terlebih dahulu, selain agar lebih berbumbu, juga agar memastikan ayam benar benar matang. Namun, jika Anda tidak memilih mengungkep ayam, maka Anda juga bisa melakukan marinasi ayam dengan bumbunya selama kurang lebih satu jam di chiller kulkas agar bumbu merasuk.
– Tujuan dari ayam yang digoreng adalah agar lebih kesat sehingga saus kecap tidak terlalu meresap. Karena jika ayam tidak digoreng, maka ayam akan cenderung lebih basah dan mengurangi kelezatan masakannya.
– Anda bisa menambahkan potongan daun bawang sesaat sebelum diangkat untuk disajikan agar menambah cita rasa aroma masakan
– Anda bisa menambahkan 1 sdm saus tomat pada saus kecap. Jangan khawatir, rasa dari saus tomat ini akan berpadu dengan saus kecap dan semakin menambah kelezatannya.

Baca Juga :  Daftar Handphone Android Terbaru Yang Bisa Kamu Miliki di Akhir Tahun!


Menu masakan ayam kecap ini banyak pula dijual di restoran masakan China dengan nama lain misalnya Ayam Mentega. Kurang lebih bumbu yang digunakan mirip, namun dengan alat masak dan teknik yang berbeda, terkadang membuat masakan pun terasa berbeda.

Nah, itu dia cara membuat ayam kecap yang simpel namun lezat. Bagaimana? Tidak sulit bukan membuatnya? Yuk coba kita praktikkan agar buah hati dan keluarga bisa menyantap makanan bergizi dan lezat buatan rumah! Dijamin si kecil yang mogok makan, pasti akan dengan senang makan ayam kecap lezat ini. Kalau buat sendiri di rumah, tentu tidak khawatir dengan higienitas, kehalalan maupun jenis bahan yang digunakan. Selamat mencoba!