Wajib Tahu! Inilah 5 Fakta yang Dimiliki Pura Lempuyang Bali

0 Comments

Pulau Bali adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun internasional. Beberapa tempat wisata mulai dari Pura, pantai dan tempat hiburan lainnya banyak disinggahi wisatawan. Salah satu destinasi tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan adalah Pura Lempuyang. Letak Pura Lempuyang yang mempunyai latar belakang gunung Agung mempunyai data tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mendokumentasikan wisatanya disana.

Pura Lempuyang luhur yang terletak di desa Tista Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem ini merupakan tempat umat Hindu Bali melakukan sembahyang. Untuk mencapai pura ini, wisatawan harus menaiki 1.700 anak tangga dan sesampainya di atas, wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan “gerbang surga” atau bagian tertinggi pura tersebut.

Nah, sebelum melakukan pendakian di Pura Lempuyang, kamu harus tahu beberapa fakta menarik mengenai pura lempuyang di bawah ini :

Wajib Tahu! Inilah 5 Fakta yang Dimiliki Pura Lempuyang Bali

pura lempuyang 1

Pura Sad Khayangan

Pura Lempuyang termasuk dari salah satu Pura Sad Khayangan. Pura Sad Khayangan mempunyai arti pura yang mempunyai 6 lokasi kahyangan yang berada di Pulau Bali yang di antaranya adalah Pura Watukaru, Pura Goa Lawah, Pura Pengalengan, Pura Besakih, Pura Luhur Uluwatu dan Pura Lempuyang Luhur. Pura Sad Khayangan merupakan pura yang digunakan untuk Memuja Ida Sang Hyan Widi Wasa dengan berbagai perwujudan-Nya. Pura ini juga menjadi tempat dalam berbagai kegiatan keagamaan umat Hindu di Bali.

Mempunyai Makna yang Istimewa

Berdasarkan buku terbitan dinas kebudayaan Bali tahun 1989 yang berjudul Lempuyang Luhur, kata lempuyang sendiri mempunyai asal kata ‘lampu’ yang mempunyai arti sinar sedangkan hyang mempunyai makna Tuhan yaitu hyang Widi, sehingga bisa diartikan bahwa lempuyang mempunyai makna sinar tuhan yang terang benderang.

Baca Juga :  5 Aksesoris Mobil yang Wajib Kamu Punya

Foto dengan Reflkesi Air

pura lempuyang 2

Banyak beredar foto di media sosial bahwa wisatawan bisa berfoto di atas refleksi air di bawahnya. Refleksi air ini dihasilkan dari pantulan cermin dari handphone ketika mendokumentasikannya. Jadi, jangan kecewa ya jika tidak ada refleksi air di bawahnya karena itu semua adalah rekayasa foto.

Harga Tiket yang Terjangkau

Untuk memasuki Kawasan pura lempuyang, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000, murah kan. Seperti pura lainnya, wisatawan akan diberikan sarung apabila pakaian di atas lutut.

Mempunyai Gerbang yang Instagramable

Seperti ulasan di atas, pura ini mempunyai spot yang foto yang instagramable di mana gerbang pura tersebut mempunyai latar belakang Gunung Agung. Pura Lempuyang Bali ini mempunyai 7 buah pura dalam satu kompleks sehingga wisatawan bisa menghabiskan waktu sampai 3 jam berjalan kaki apabila mengunjungi semua pura tersebut.

Pura Lempuyang ini terletak di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut sehingga membuat pura ini menjadi pura tertinggi di Pula Bali.

Setelah mengetahui beberapa fakta dari Pura Lempuyang, berikut beberapa pantangan yang harus dihindari wisatawan ketika berada di pura ini.

  • Tidak Diperbolehkan Bicara Kotor

Wisatawan diharapkan tidak bicara kasar selama berada di Pura Lempuyang karena pura tersebut merupakan tempat suci yang digunakan umat Hindu Bali sebagai tempat ibadah.

  • Tidak Diperbolehkan Menduduki Patung Naga

Untuk menghormati Pura tersebut, wisatawan diharapkan untuk tidak menduduki patung naga yang terletak di kanan kiri tangga masuk.

  • Wanita Menstruasi Dilarang Masuk

Untuk menghormati tempat suci tersebut, pengunjung wanita yang sedang mengalami menstruasi tidak dianjurkan memasuki Pura tersebut.

Nah, setelah tahu apa saja fakta dan pantangan mengenai Pura Lempuyang Bali. Sudah siap kan untuk menjelajahi pura tersebut?

Baca Juga :  5 Aksesoris Mobil yang Wajib Kamu Punya