AC Mobil Bau? Berikut Beberapa Solusinya

0 Comments

Masalah ini sering kali muncul di kalangan masyarakat pengguna kendaraan roda empat. Karena AC mobil bau menyebabkan pengendara tidak tahan untuk berlama-lama di dalam mobil. AC mobil bau apek bukan selalu karena adanya komponen yang rusak. Namun juga dapat disebabkan oleh kurang tepatnya dalam memilih pengharum ruangan mobil dan juga bisa disebabkan karena kurangnya tingkat kesadaran Anda dalam kebersihan lingkungan di dalam mobil.

Di bawah ini ada beberapa penyebab AC mobil bau dan cara mengatasi AC mobil bau

  1. Penyebab dari AC mobil bau yang pertama adalah adanya debu dalam kabin atau interior mobil. Adanya debu tersebut karena jarangnya Anda membersihkan mobil. Jika di biarkan ini akan merambat masuk ke dalam sistem AC pada bagian evaporator. Debu menumpuk dan akan menjadi jamur, sehingga AC mobil bau. Cara mengatasinya, bersihkan pula evaporator dengan di semprotkan air agar kotoran yang mengendap dapat larut terbawa air. Jika Anda merasa tidak mampu untuk membersihkannya sendiri, Anda juga dapat membawanya ke bengkel khusus untuk perawatan AC mobil.
  2. Bila AC mobil bau tersebut masih belum juga hilang Anda dapat membawa mobil Anda ke tempat yang menyediakan udara segar. Kemudian nyalakan AC Anda sambil membuka jendela dan pintu selama sepuluh menit agar bau yang tidak sedap itu dapat digantikan dengan udara yang lebih segar dari alam. Dengan adanya sirkulasi udara dari luar ke dalam mobil Anda, Anda dapat menjaga kesegaran dalam ruangan mobil Anda.ac mobil bau
  3. Jika dua poin di atas sudah Anda lakukan, untuk pencegahan jangan lagi Anda menggunakan parfum mobil yang murah namun tidak berkualitas. Karena kesegaran ruangan interior mobil Anda seperti AC mobil bau menjadi taruhannya. Pilihlah pengharum ruangan mobil yang memang sudah diakui oleh pasaran dan juga masyarakat. Walaupun harganya akan sedikit mahal. Tapi demi kenyamanan berkendara dan kenyamanan untuk interior mobil Anda sendiri. Tidak ada salahnya untuk semua ini. Dan supaya AC mobil bau menjadi masa lalu Anda.
  4. Bocornya komponen evaporator juga dapat menjadi salah satu penyebab AC mobil bau. Hanya saja bau yang keluar adalah bau dari air freon dan ketajaman bau pun tergantung dari seberapa parah kebocoran yang terjadi pada evaporator itu sendiri.
Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengetahui Info Pajak Kendaraan Bermotor

Untuk mencegah hal-hal seperti itu, Anda di sarankan untuk menggunakan filter kabin untuk melindungi evaporator dari debu dan binatang kecil. Pemasangan filter kabin ini terbukti sangat efektif dalam menjaga kebersihan siklus pendinginan AC mobil. Yang perlu dan harus Anda ingat adalah filter kabin perlu Anda bersihkan secara berkala dan di ganti jika masa pakainya sudah habis.

Ada hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mencegah pengemudi atau pengendara merokok ketika AC sedang dinyalakan. Membuka kaca mobil saat perjalanan juga dapat membuat kabin menjadi cepat kotor. Jangan meninggalkan sisa makanan (terutama makanan basah) di dalam mobil agar tidak membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap pada kabin kendaraan. Jangan terlalu sering membuka jendela saat mobil sedang berjalan atau saat mobil diam. Ini akan berguna untuk mengurangi debu jahat masuk ke dalam kabin kendaraan.

Nah, di atas tadi adalah penyebab dan cara mengatasi AC mobil yang bau. Jika Anda tidak ingin repot Anda bisa melakukan pengecekan di dealer atau bengkel kepercayaan Anda.