AC Mobil Tidak Dingin? Ini Cara Mengatasinya

0 Comments

Berbicara soal AC mobil tidak dingin memang masalah yang lumrah, dan masalah paling buruk bagi pengendaranya karena kita tahu bagaimana panasnya di jalan raya. Dan karena AC mobil tidak dingin Anda diharuskan membuka jendela mobil agar mendapatkan angin sepoi-sepoi dalam perjalanan. Namun resikonya adalahnya kita bisa terkena debu jalanan yang disebabkan kendaraan lain. Oleh sebab itu, periksalah kondisi mobil Anda termasuk AC-nya, secara rutin atau berkala. Karena AC adalah salah satu penunjang kebutuhan dalam mobil untuk memberikan kenyamanan kita saat berkendara.

Pada prinsipnya tukang servis atau montir bengkel itu sama halnya seperti dokter. Benar bukan? coba Anda perhatikan jika Anda bertandang ke bengkel pasti ada pertanyaan seperti ini “ada keluhan apa ya?”. Ada banyak aspek penyebab AC mobil tidak dingin mulai dari komponen yang memang sudah rusak atau hanya sekedar perlu di bersihkan saja. Makanya Anda diharuskan untuk melakukan pengecekan secara rutin atau berkala. Di bawah ini ada kemungkinan-kemungkinan penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya.

  1. Freon habis atau kurang

Penyebab AC tidak dingin bisa karena freon yang habis. Namun, seharusnya freon tidak akan habis atau kurang selama komponen tersebut tidak terjadi kebocoran pada sistem AC mobil. Kebocoran freon biasanya terjadi pada sambungan pipa yang sil O ring sudah rapuh di makan oleh usia pemakaian. Bisa juga ada kerusakan di bagian saft maupun relief value pada kompresor. Cara mengatasi hal tersebut hanya ada satu yaitu mengganti freon dengan yang baru.

  1. Fanbelt putus atau copot

Sebagai alat yang menyalurkan putaran mesin kepada kompresor fanbelt jelas mempunyai peran penting terhadap sistem kerja AC mobil. Jika fanbelt putus atau copot, maka kompresor tidak berputar. Jika kompresor tidak berputar, kondensor tidak bekerja dan freon tidak akan bisa mendinginkan udara. Dan bisa Anda tebak, muncullah masalah seperti AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin saja. Untuk masalah ini tidak ada cara lain selain mengganti spare part dengan yang baru.

  1. Suhu mesin dan kompresor mengalami overheat

ac mobil tidak dingin

Suhu mesin (baik itu mesin mobil, maupun mesin kompresor) yang terlalu panas dapat merembet hingga akhirnya menjadikan cairan freon ikut panas. Sehingga kualitas freon menjadi berkurang. Freon yang kepanasan tidak mampu lagi untuk mendinginkan udara yang terkondensasi di kondensor AC. Alhasil tidak hanya menjadikan AC mobil hanya keluar angin, tapi pada kasus tertentu menyebabkan AC mobil mengeluarkan hawa panas.

Baca Juga :  Yamaha Motor Scorpio, Motor Sporty Dari Dulu Hingga Sekarang!

Namun masalah suhu mesin yang terlalu panas pun tetap harus Anda atasi. Caranya adalah seperti mengganti oli, melakukan tune up pada mesin, melakukan pergantian pada spare part yang menjadi penyebab overheating.

Di atas adalah untaian penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya sudah tentu saja dengan cara melakukan pergantian freon AC mobil dengan freon yang baru. Dan pastikan saat membeli freon yang baru Anda harus memiliki daya tahan panas yang kuat.

  1. Evaporator AC Mobil Kotor

Evaporator yang kotor dapat menyebabkan udara dingin tidak bisa melewati evaporator. Akibatnya, AC mobil tidak dingin, mengeluarkan hawa panas, bau tidak sedap dan kuman penyakit. Salah satu caranya adalah Anda harus membersihkan entah itu Anda lakukan sendiri atau ke bengkel terpercaya. Agar evaporator bisa berfungsi dengan baik dan sirkulasi udaranya lancar.

Nah, itu tadi adalah beberapa masalah yang sering terjadi pada AC mobil Anda yang menjadikan AC tersebut tidak dingin. Jika Anda tidak memiliki dasar automotif Anda bisa melakukan pengecekan ini di dealer resmi atau ke bengkel terpercaya Anda.