Berbagai Macam Bor Listrik beserta kegunaannya

0 Comments

Dalam kehidupan sehari – hari kita terkadang membutuhkan alat mekanik tertentu untuk memenuhi kebutuhan kita , untuk memasang pigura, lukisan misalnya, kita butuh membuat lubang, dan itu berarti kita membutuhkan bor. Diantara banyaknya macam bor, bor listrik menjadi yang paling diminati.

Berbagai Macam Bor Listrik beserta kegunaannya

bor listrik
bor listrik
  1. Kegunaan bor listrik

Nah sebelum membahas lebih lanjut tentang bor listrik, ada baiknya kita mengenal kegunaan bor itu sendiri, bor bukan hanya alat untuk membuat lubang lho sobat, bor bisa digunakan untuk memperluas diamater sebuah objek, jadi objeknya itu sebenarnya sudah berlubang, tapi perlu diperlebar.

Tidak hanya itu, bor juga bisa digunakan untuk menghaluskan objek yang berbentuk lingkaran, nah semua fungsi itu juga bisa dilakukan dengan bor listrik.

2. Bor listrik Vs bor Manual

Bor listrik itu lawannya bor manual, jadi bor yang satu ini menjadikan listrik sebagai sumber kekuatannya, tidak seperti bor manual yang mengandalkan kekuatan tangan, jenis mesin bor yang satu ini seperti pistol, karena memang dirancang agar mudah dipegang. Kekuatan bor listrik bertumpu pada tegangan listrik yang diberikan, masing – masing merk menawarkan tegangan watt yang berbeda – beda.

Memakai bor listrik terbilang lebih praktis, karena bentuknya yang tidak terlalu besae, dan fungsinya yang serb guna,menjadikan alat mekanik ini jadi barang yang biasanya ada dirumah.

3. Macam – macam bor listrik

Macam – macam bor listrik sendiri secara umum terbagi menjadi dua, ada bor listrik yang menggunakan kabel, ada juga tanpa kabel atau nirkabel. Jika bor listrik berkabel sumber energi berasal dari watt listrik, tapi jika bor listrik jenis nirkabel maka sumber energinya menggunakan baterai.

Baca Juga :  Home Theater - Serasa Bioskop Di Rumah Sendiri

Nah umur baterai sendiri tentunya tergantung ukuran MAH nya, selebihnya baterai harus dices atau diisi sebelum digunakan lagi, keuntungan nirkabel memang lebih simple, tapi jika sobat lupa mengeces baterai atau mengecek baterai terlebih dahulu, bisa jadi tugas kerjaan sobat mungkin akan tertunda karena harus menunggu baterai terisi dulu.

Selain bor listrik, ada juga mesin bor duduk, atau mesin bor meja jadi mesin menempel pada lantai, dengan ukuran sedang sampai ukuran besar, objek yang dikerjakan pun lebih banyak. Apalagi jika mesin bor jenis berporos, itu bisa menyelesaikan banyak objek dalam waktu yang singkat, karena punya 20 an lebih spiadel.

4. Memilih bor listrik

Nah setelah tau sekilas tentang bor listrik, perlu kiranya sobat tau diantara merk – merk bor listrik yang bisa jadi pertimbangan sobat jika ingin membelinya, dengan tetap mempertimbangkan harga setiap produk, karena kisaran harga belum tentu menentukan kualitas produk. Berhubung bor listrik termasuk alat yang tidak selalu tiap hari digunakan, tentu perlu mencari model listrik yang awet dengan harga yang tidak terlalu merogoh saku.

Sobat juga bisa mempertimbangkan perihal ukuran tegangan wattnya, ini juga berpengaruh pada listrik dirumah sobat , tagihannya misalkan. Jadi akan lebih baik sobat memilih yang bertegangan rendah.

Berbagai Macam Bor Listrik beserta kegunaannya

Nah bicara merk, ada merk yang sudah terkenal seperti Makita, atau Bosch yang tenar dengan ukuran bor listrik yang lebih kecil dari produk lain pada umumnya. Ada lagi Ikea, black & decker dan lain – lain. Masing – masing punya kualitas dan kelebihan sendiri – sendiri, tapi secara umum bor listrik saat ini sudah dilengkapi dengan lampu LED, jadi sobat semua tak perlu hawatir, dalam kondisi gelap pun bor listrik masih bisa diandalkan. Menyenangkan bukan ?

Baca Juga :  3 REKOMENDASI LAPTOP ACER TERBAIK DENGAN HARGA EKONOMIS