Biaya Balik Nama Motor

0 Comments

Sobat mau balik nama motor?

Sebelum mengurusnya,simak dulu uraian artikel ini ya, biar tau teorinya jadi mudah prakteknya. Motor sekarang ini bukan lagi barang mewah tapi sudah seperti kebutuhan primer layaknya pangan dan sandang, kemudahan mengangsur dan biaya awal pengambilan kredit yang ringan menjadi salah satu sebab hampir setiap rumah memiliki kendaraan beroda dua ini, mengingat kebutuhan melakukan aktivitas dengan menghemat waktu dan tenaga. Tak jarang seseorang memilih membeli motor second dibanding grace, selain karena alasan kocek, banyaknya motor second yang masih bsgus kualitasnya tapi harga miring jadi alasannya. Nah tapi jika sobat termasuk yang memilih motor second ada tahapan berikutnya agar sobat bisa terdaftar dengan jelas sebagai pemiliknya yaitu balik nama motor, ini jelas sangat penting supaya sobat tidak perlu bolak balik meminjam KTP pemilik motor lama untuk keperluan perpanjangan STNK.

Nah, biasanya orang merasa malas untuk mengurus pertukaran nama surat-surat penting kendaraan sendiri, alasannya ribet, butuh waktu, dan seterusnya, jadi cenderung memilih menyerahkan pengurusannya pada calo. Padahal sobat, jika kita tau cara dan prosedurnya, proses balik nama motor bisa dengan mudah kita lakukan sendiri tanpa perlu merogoh kocek untuk biaya tambahan membayar jasa calo.

Balik nama motor dilakukan pada STNK dan BPKB, kedua surat itulah yang akan dirubah kepemilikannya, yang dibutuhkan adalah :

–          Foto copy KTP

–          Foto copy STNK

–          Foto copy BPKB

–          Hasil cek fisik kendaraan

–          Kwitansi pembelian motor

Nah, agar bisa mempersiapkan pengeluaran untuk balik nama motor maka kita perlu memperkirakan biaya balik nama motor dan mutasi secara umum perhitungannya seperti ini :

1.       Biaya Pajak

Baca Juga :  Syarat Perpanjang STNK dan Tata Caranya

Biaya ini tertulis di STNK, sebagai gambaran perkiraan biaya bisa melihat biaya perpanjangan STNK tahunan. Pada proses balik nama semua kolom akan terisi kecuali Adm TNKB.

–          BBN KB (Bea balik Nama Kendaraan Bermotor)

Perhitungannya mengacu pada besarnya PKB tahun sebelumnya, menggunakan rumus :

2/3 x PKB

–          PKB ( Pajak kendaraan bermotor)

Biayanya cenderung tidak berubah jadi bisa menjadi patokan,malah seringkali turun,perubahannya berkisar Rp 50.00 – Rp 100.000.

–          SWDKLJJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan)

Besar biayanya Rp 35.000

–          Biaya Adm STNK

Sekitar Rp 25.000 – Rp 50.000

–          Biaya Adm TNKB

Sebesar Rp 60.000

–          Biaya pendaftaran mutasi

Sekitar Rp 75.000  – Rp 100.000

Perhitungannya : misal PKB = Rp 380.000

Maka Bbn KB = 2/3 x Rp 420.000 = Rp 280.000

SWDKLJJ  = Rp 35.000

Biaya Adm Stnk = Rp. 25.000

Total biayanya Rp 820.000

2.       Biaya diluar Pajak

–          TIP untuk petugas cek fisik (sukarela) misal Rp 10.000

–          Pengesahan cek fisik kurang lebih Rp 30.000

–          Pendaftaran balik nama Stnk kurang lebih Rp 30.000

–          Pendaftaran balik nama Bpkb Rp 80.000

Maka total biayanya Rp 150.000

Gimana? Sudah bisa memperkirakan pengeluarannya kan sobat ?

Nah tapi husus untuk proses mutasi sobat harus mempersiapkan berkas lebih lengkap dari yang tertera diatas, dengan berkas tambahan :

–          Jika mutasi dilakukan untuk badan hukum maka butuh salinan akte pendirian + 1 lembar fotocopy, juga keterangan domisili dan surat kuasa bermaterai yang ditandatangani pimpinan dan dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.

–          Jika mutasi di Instansi pemerintah maka cukup ditambah surat kuasa / tugas yang ditandatangani pimpinan.

biaya balik nama motor

Info ini dilansir dari kadiv Humas POLRI.

Baca Juga :  Cara Mengurus STNK Hilang Namun BPKB Belum Keluar

Semua hal diatas bisa sobat urus di Kantor SASMAT terdekat,atau gerai SAMSAT yang tersedia, jika sobat ingin lebih praktis mengurusnya bisa melalui SAMSAT online. Pelajari lengkap dan hemat biaya tanpa jasa calo yuk sobat !