Kaya Manfaat, Ini 6 Alasan Harus Konsumsi Ikan Salmon

0 Comments

Ikan salmon dipercaya sangat baik bagi kesehatan. Salmon adalah jenis ikan yang memiliki kandungan gizi sangat tinggi. Ikan salmon sebenarnya bukan ikan asli Indonesia. Habitat ikan salmon berada di perairan samudra Atlantik dan samudra Pasifik. Ikan ini pada awalnya terlahir di perairan air tawar kemudian bermigrasi ke samudra namun ketika akan reproduksi mereka akan kembali ke air tawar. Namun kini, sudah banyak yang melakukan budidaya ikan salmon, sehingga harga jualnya pun bisa lebih murah.

Ikan ini umumnya memiliki daging berwarna oranye segar dan kulit berwarna keabuan. Dagingnya sangat lezat baik dikonsumsi mentah seperti sushi dan sashimi maupun dimasak matang seperti steak contohnya. Ikan salmon dipercaya mampu mengurangi risiko terjadinya beberapa penyakit. Nah, berikut adalah beberapa manfaat ikan salmon yang harus Anda ketahui! Simak artikelnya sampai habis!

ikan salmon

Kaya Manfaat, Ini 6 Alasan Harus Konsumsi Ikan Salmon

Meningkatkan kesehatan otak

Banyak penelitian membuktikan bahwa dengan konsumsi ikan salmon mampu meningkatkan kesehatan otak. Kandungan minyak ikan dan kandungan lemak baik dianggap mampu menurunkan depresi dan kecemasan. Selain itu, dengan konsumsi rutin ikan salmon dapat menurunkan risiko terjadinya demensia sehingga bisa dibilang, ingatan Anda akan tetap terus tajam.

Sumber Omega 3

Ikan salmon adalah salah satu sumber omega 3 yang baik. Bahkan bisa dibilang, ikan salmon termasuk salah satu sumber terbaik yang pernah ada. Bayangkan hanya dengan 350 gram salmon, mengandung sekitar 3 gram asam lemak omega 3. Omega 3 ini dipercaya mampu menurunkan risiko terjadinya kanker, memperlancar aliran darah serta meningkatkan fungsi sel sel dalam tubuh.

Kaya Protein

Tidak hanya sumber omega3, ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein ini sangat penting untuk pembentukan massa otot dan juga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, protein adalah zat yang dibutuhkan untuk masa penyembuhan baik saat radang ataupun cedera. Konsumsi ikan salmon yang tinggi protein ini sangat baik untuk pertumbuhan anak.

Baca Juga :  Resep Pancake Lembut Anti Gagal dengan Pondan!

ikan salmon

Mengontrol Berat Badan

Daging ikan salmon yang kaya protein ini dianggap mampu mengontrol berat badan. Konsumsi makanan tinggi protein membuat tubuh lebih lama merasakan kenyang. Sehingga nafsu makan pun menurun. Dengan begitu, konsumsi ikan salmon ini sangat baik untuk menunjang program diet yang Anda jalankan. Daging ikan salmon juga meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga sistem pencernaan pun menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, kandungan lemak di ikan salmon juga diyakini mampu mengurangi jumlah lemak yang ada di tubuh.

Tinggi Potasium

Siapa yang menyangka kalau ikan salmon justru memiliki kandungan potasium yang lebih banyak dibanding pisang? Ternyata ikan salmon mengandung 18% kandungan potasium lebih banyak dibanding pisang. Kandungan potasium ini sangat penting bagi tubuh karena memegang peranan penting terhadap tekanan darah sehingga menurunkan risiko stroke.

Mengandung Antioksidan

Daging ikan salmon ang berwarna oranye kemerahan ini ternyata berasal dari antioksidan astaxanthin. Kandungan antioksidan ini sangat baik untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung karena bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Antioksidan ini juga berperan penting terhadap perlindungan sistem saraf dan otak Anda. Hal ini juga yang mampu menangkal radikal bebas sehingga menurunkan potensi terjadinya kanker. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada ikan salmon juga meningkatkan elastisitas kulit dan meregenerasi sel kulit yang rusak. Sehingga bisa dipastikan Anda mendapat bonus kulit yang jauh lebih sehat.