Bagaimana Cara Mengetahui Info Pajak Kendaraan Bermotor

0 Comments

Bagaimana Cara Mengetahui Info Pajak Kendaraan Bermotor. Setiap tahun pemilik kendaraan pasti akan direpotkan untuk mengurus pajak kendaraan bermotor alias STNK. Di masa lalu kami harus datang ke Samsat dan harus antre berjam-jam. Tidak mengherankan bahwa akhirnya jasa broker menjadi berjamur. 

Nah, untuk menghindari broker dan mempermudah orang untuk memperpanjang registrasi mereka, pemerintah terus meningkatkan layanan, salah satunya adalah dengan mengeluarkan Samsat online. Jadi, orang dapat memeriksa Info Pajak Kendaraan Bermotor mereka dan membayar pajak kendaraan bermotor secara online tanpa perlu datang ke Samsat.

Lalu, bagaimana Anda memeriksa pajak kendaraan bermotor melalui Samsat online? Bagi mereka di daerah tertentu. Gini cara memeriksa pajak kendaraan bermotor Anda:

  • Buka situs web resmi samsat lokal Anda.
  • Masukkan nomor polisi kendaraan Anda atau pelat kendaraan Anda di kolom Nopol.
  • Masukkan juga KTP (Kartu Identitas) di kolom NIK.
  • Klik tombol “proses”.

Setelah itu informasi tentang kendaraan Anda akan keluar, mulai dari nama pemilik, biaya pajak kendaraan, masa berlaku registrasi kendaraan, pajak karena status pajak masih berlaku atau tidak. Dari sana Anda dapat mengetahui berapa banyak uang yang harus disiapkan untuk membayar. Namun perlu diingat bahwa nanti ketika Anda membayar, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp25 ribu.

Jika nomor polisi kurang dari empat digit, Anda dapat memasukkan angka nol di depan sehingga Anda dapat memeriksa. Misalnya, nomor polisi kendaraan Anda adalah B 234 ABC. Untuk dapat diperiksa, masukkan ke B 0234 ABC.

Bagaimana Cara Mengetahui Info Info Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online?

Setelah mengetahui total biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperbarui pendaftaran kendaraan Anda, Anda dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui online atau ATM. Untuk provinsi tertentu, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara online.

Buka situs web resmi e-samsat lokal Anda. Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang berisi:

  • Pilih kota tempat kendaraan Anda terdaftar,
  • Pilih Samsat Awal kendaraan Anda terdaftar,
  • Masukkan Nomor Polisi Kendaraan yang akan dibayar,
  • Masukkan kode acak yang tersedia.
  • Setelah itu, Anda akan melihat informasi tentang total pajak yang harus dibayarkan.

Tetapi ada beberapa langkah lagi yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Masukkan nomor BPKB dan nomor frame untuk memastikan kompatibilitas data,
  • Pilih Samsat untuk mengotorisasi STNK,
  • Pilih bank sebagai pembayaran.

Setelah diverifikasi dengan benar, situs web akan menampilkan pilihan lokasi dan Samsat di mana Anda mengambil pemberitahuan pajak. Kemudian situs web akan menampilkan pilihan beberapa bank dan fasilitas perbankan untuk pembayaran pembayaran kendaraan, seperti ATM, Teller, SMS Banking, Internet Banking dan lain-lain.

Setelah mendapatkan kode pembayaran, segera lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang telah Anda pilih. Jika transaksi berhasil, bank akan mengeluarkan bukti kode pembayaran untuk transaksi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Nah itulah cara mengecek pajak kendaraan bermotor secara online dan cara membayarnya yang juga bisa dilakukan secara online. Apa yang kamu pikir Tidak rumit, kan? Namun jika anda masih belum juga bisa memahami penjelasan di atas anda bisa mengunjungi cek pajak kendaraan bermotor. Disana akan juga di jelaskan dengan secara terperinci tentang informasi perpajakan sepeda motor.

Baca Juga :  3 Cara Meningkatkan Perfoma Moge Honda Tiger 2000 yang Legendaris