Ingin Jago Basket? Inilah Teknik Dasar Bola Basket yang Perlu Kamu Ketahu

0 Comments

Siapa yang tidak tahu basket? Jenis olahraga yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer di dunia, setelah sepak bola. Bahkan, di Amerika, olahraga satu ini menjadi yang paling digemari ke segala penjuru usia, mulai dari kanak-kanak hingga lansia. Nah, di Indonesia sendiri, olahraga ini memang masih dinomorduakan setelah sepak bola dan bulu tangkis. Namun, image keren bisa bermain basket merupakan stereotip yang paling umum dibanding jika kamu bisa menguasai olahraga lain. Nah, jika kamu ingin terlihat keren dari bermain basket, kamu harus tahu dan menguasai beberapa teknik dasar bola basket.

teknik dasar bola basket

Pada dasarnya, basket merupakan olahraga dengan peraga bola yang menggunakan tangan sebagai media utama untuk membawa bola dan mencetak score pada ring lawan. Basket biasa dimainkan oleh dua tim yang masing-masingnya terdiri dari 5 orang. Karena itulah, olahraga ini bisa disebut juga dengan olahraga bola berkelompok. Meskipun permainan tim, olahraga satu ini sangat mudah dipelajari dan dapat menjadi dasar kerja sama tim yang disiplin. Setidaknya, kamu perlu paham teknik dasar bola basket dahulu.

Beberapa teknik dasar bola basket yang perlu kamu pahami dan pelajari, di antaranya sebagai berikut.

  • Passing

Passing pada intinya mirip dengan mengoper bola pada teknik permainan sepak bola. Hanya saja, untuk yang ini kamu harus menggunakan kedua tangan kamu, bukan kaki kamu untuk mengoper bola tersebut. Gerakan dasarnya adalah melempar bola dan menangkap bola. Pada permainan tim, bola basket dimainkan dengan sangat cepat. Begitu pula proses mencetak angka. Kamu hanya diberi waktu 30 detik untuk setidaknya membawa dan shooting bola ke ring. Dengan passing yang baik, kamu seharusnya bisa bermain bersama tim dengan kerja sama yang baik dan serangan cepat yang efektif.

Baca Juga :  Sepeda Lipat Dahon yang Ringkas dan Praktis

Jenis-jenis passing ada lima. Kelimanya, di antaranya chest pass (mengoper bola dari posisi dada); overhead pass (mengoper bola di area kepala; bounce pass (mengoper bola dengan cara memantulkan ke lantai; baseball pass (mengoper bola dengan posisi di atas atau belakang kepala); dan behind back pass (mengoper dari belakang tubuh).

  • Dribbling

Teknik dasar lain yang perlu sekali dilatih sendiri adalah dribbling. Dribbling adalah teknik membawa bola atau menggiring bola dengan memantulkan bola ke lantai. Cara membawa atau menggiring bola ini juga tidak sembarang memantulkan ke lantai secara konsisten. Kamu harus menjaga stabilitas, presisi, dan kontrol bola agar bola tidak lari menjauh dari jangkauanmu selama melakukan dribbling. Dan yang perlu dicatat juga, menggiring bola atau memantulkannya ke lantai harus dilakukan tanpa menggenggam bola. Jika kamu telah menggenggam bola lalu dipantulkan kembali, kamu akan melanggar permainan.

  • Shooting

Teknik satu ini mungkin satu dari beberapa teknik yang memang dikhususkan untuk mencetak angka dengan memasukkan bola ke ring lawan. Shooting atau menembak dapat dilakukan dengan dua tangan maupun satu tangan. Kamu bisa menghasilkan poin berbeda ketika melakukan shooting dari dalam sepertiga area lawan dan luar sepertiga area lawan. Jika kamu melakukan shooting dari luar sepertiga area lawan, kamu akan mendapat poin lebih besar, yakni 3 poin.

  • Lay up

Selain dengan shooting, kamu juga bisa mencetak angka dalam permainan basket dengan teknik lay up. Teknik ini merupakan rangkaian gerakan membawa bola kemudian meloncat dan memasukkan bola ke ring. Lay up biasanya dilakukan untuk menusuk jantung pertahanan lawan. Dengan begitu, pertahanan lawan bisa goyah dan serangan kamu bisa berhasil.

Baca Juga :  Sepeda Lipat Dahon yang Ringkas dan Praktis

 

teknik dasar bola basket

Nah, jika kelima teknik dasar bermain bola basket tersebut sudah dikuasai, cara bermain bola basket akan lebih mudah. Yang kamu harus lakukan selanjutnya adalah mendalami bagaimana cara bermain dengan tim. Kamu bisa mengombinasikan teknik memasukkan bola, membawa bola, dengan passing yang sudah kamu pelajari.

Untuk memperdalam teknik bermain tim, kamu harus sering-sering latihan dengan tim. Semakin kamu sering berlatih, kekompakan tim kamu akan semakin baik. Oleh karena itu, kamu harus terus berlatih, ya, baik untuk teknik dasar individu ataupun bermain tim. Tentunya, jika kamu malas berlatih, jangan harap ada yang memandang kamu keren.