Kepala Mesjid, Roller, dan Dinamo Kilikan: Aneka Macam Onderdil Tamiya yang Wajib Kamu Tahu

0 Comments

 Tamiya

Sebentar lagi lebaran, namun wabah sedang menyebar. Apabila kita menduga-duga, bagi yang merantau akan tidak mudik dan bagi yang sudah diperkotaan tidak pergi kemana-mana karena di rumah aja mengurangi pesebaran wabah. Jika diingat-ingat lagi, ada satu mainan anak-anak yang cukup lumrah ditemui kala lebaran: tamiya.

Tamiya memang unik. Bisa dibilang, mainan ini memberikan sensasi berupa rasa puas kepada pemiliknya atau yang sekadar melihatnya ketika melaju di lintasan. Belum lagi, adanya aksesoris tertentu membuat tamiya bersuara unik ketika melaju. Memang apa saja aksesoris tamiya? Sebagian besarnya dapat kamu ketahui dengan membuka tautan berikut https://review.bukalapak.com/hobbies/merk-dinamo-tamiya-tercepat-99232 dan sebagian lainnya mari simak satu per satu dalam tulisan ini.

Kepala Mesjid, Roller, dan Dinamo Kilikan: Aneka Macam Onderdil Tamiya yang Wajib Kamu Tahu

Sirkuit

Yang paling utama tentu saja adalah tamiya secara keseluruhan. Yang utama nomor dua adalah sirkuit. Tamiya memang dapat dijalankan di mana saja namun akan tidak beraturan sehingga resiko menabrak dinding atau hal lainnya dan membuat hancur. Dengan sirkuit, hal tersebut bisa ditanggulangi. Apalagi kalau sirkuit yang memiliki dua lintasan atau lebih, dapat dijadikan arena balapan.

Sasis

Setelah sirkuit, sasis merupakan onderdil penting untuk tamiya. Semua tahu, sasis adalah badan utama dari tamiya. Jika melakukan pembelian tamiya dalam satu set, sudah terdapat sasis di sana. Meski begitu, tidak jarang orang mengganti sasis tersebut dengan yang lebih ringan sehingga dapat meningkatkan akselerasi laju tamiya menjadi lebih melesat.

Kepala Mesjid

Apabila kamu adalah pegiat balapan di lintasan, kepala mesjid merupakan suku cadang penting yang harus ada dalam mobil balap kamu. Kenapa namanya kepala mesjid? karena bentuknya memang mirip dengan kubah masjid. Lalu fungsinya apa? Kepala mesjid berfungsi untuk menyetabilkan roller di 4 sisi tamiya agar terpasang dengan baik dan benar.

Baca Juga :  Sepeda Lipat Dahon yang Ringkas dan Praktis

Roller

Tiap ujung sisi dari tamiya merupakan sudut lancip. Untum meminimalisir gesekan pada sirkuit, diperlukan sebuah suku cadang. Biasanya, para penggemat tamiya modifan akan menggunakan lebih dari 4 roler untuk membuat tamiya kian ciamik.

Batre

Ini merupakan nyawa tamiya yang tidak boleh dilupakan. Anak-anak kecil memang sering menggunakan batre ABC yang dijual di warung-warung untuk melajukan mobilnya. Akan tetapi kamu harus tau, apabila tamiya menggunakan batre yang dapat dicharge maka akan melesat sedemikian jauhnya. Kamu bisa menemukan batre charge terbaik dengan merk-merk terkenal seperti Sanyo, Sony, Philips, Dll.

Dinamo Tamiya

Dinamo Tamiya

Seperti barang elektronik lainnya, tamiya juga memiliki dinamo dan banyak sekali varian dinamo tamiya yang beredar di pasaran. Salah satu dinamo yang paling populer adalah dinamo kilikan, lilitan tembafa pada jenis ini ditambah sendiri agar meningkatkan kecepatan laju pada tamiya.

Roda

Ini merupakan bagian paling penting lainnya. Secara konvensional, roda tamiya berjumlah 4 dengan masing-masing dilapisi karet untuk meningkatkan keseimbangan saat melaju. Akan tetapi, tidak sedikit yang memodifikasi ban tersebut agar meningkatkan akselerasi. Ada yang memodifikasi dengan membuat ban hanya terdiri dari piringan plastik tipis tanpa karet. Ada juga yang memodifikasi dengan membuat tamiya hanya punya 3 ban. Sangat variatif, bukan?

Selain onderdil-onderdil di atas, masih banyak lagi yang belum disebut. Jika kamu hendak memainkan tamiya, milikilah seperlunya karena banyak sekali onderdil tamiya itu. Namun, apabila kamu benar-benar maniak bahkan menekuni tamiya sebagai hobi, tidak salah juga untuk memiliki beraneka macam onderdil. Jangan lupa beli toolboxnya, ya!