3 Cara Meningkatkan Perfoma Moge Honda Tiger 2000 yang Legendaris

Honda adalah salah satu pabrikan sepeda motor paling tersohor di republik ini. Kendati Ia berasal dari negeri Sakura, namun Honda tetap memberi pesona dan daya tarik bagi penduduk nusantara.

Kualitas motor Honda pun sudah tidak bisa diragukan lagi. Sejak Keluaran Honda 70 kala sebelum reformasi, Honda telah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

Pun dengan era 2000 seperti sekarang. Honda jauh lebih terkenal karena varian sepeda motornya yang lengkap dan menjawab semua kebutuhan konsumen.

Salah satu varian sepeda motor paling laris dari Honda adalah mogenya. Ya, moge—atau kepanjangan dari motor gede—Honda memang terkenal akan ketangguhannya. Bukan hanya itu, mesin moge Honda juga terkenal bandel dan ramah untuk segala medan.

Sejak awal kemunculannya, pabrikan ini telah meluncurkan beberapa merk motor yang identik dengan kaum adam itu. Dan beberapa moge Honda yang paling tersehor diantaranya adalah; GL, CB, Tiger, Megapro, Firza, CB150R, hingga CBR. Masing-masing dari moge tersebut memiliki ciri khas dan tahun kebesarannya masing-masing.

Nah, yang menarik, dari sekian banyak moge Honda, ada 3 motor yang paling legendaris dan sering digunakan sebagai bahan modifikasi. Ketiga motor tersebut adalah GL, CB dan Tiger.

Ketiga motor ini memang lahir paling awal diantara keempat varian lain. Tapi mengenai mesin, jangan diragukan. Mengingat ketiganya telah dibekali mesin yang gahar di zamannya. Mulai dari 100cc untuk CB hingga 200cc untuk Tiger.

Berbicara mengenai Honda Tiger, ada yang menarik, nih. Dahulu merk motor ini menjadi motor semi premium dan banyak digemari oleh kalangan muda. Rangkanya yang kuat dan besar, serta kapasitas mesinnya yang gahar, membuat moge Honda ini diyakini mampu menambah kesan kelelakian.

Baca Juga :  AC Mobil Bau? Berikut Beberapa Solusinya

Bukan Cuma itu. Hingga sekarang, motor ini juga banyak dikoleksi oleh para pecinta otomotif. Alasannya tentu saja sebagai koleksi mengingat kekhasan Honda Tiger 2000 yang tiada duanya.

Nah, untuk kamu yang memiliki Honda Tiger, berikut ada beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan untuk meningkatkan performa tungganganmu.

Penggunaan Piston GL pada Moge Honda Tiger akan Mampu Menaikan Kompresi dan Mengoptimalkan Ledakan dalam Ruang Mesin

Beberapa penggemar otomotif yang menyukai Honda Tiger umumnya tidak menggunakan piston bawaan, melainkan piston pengganti yang berasal dari jenis motor GL Pro Neotecth maupun Mega Pro.

Alasan yang paling mendasar dari penggunaan komponen “pinjaman” ini adalah untuk menaikan kerja mesin. Melalui piston pinjaman, kompresi mesin akan meningkat. Hal itu akan berpengaruh pada ledakan  di ruang mesin dan tenaga yang dihasilkan motor. Sehingga, dengan kata lain, moge Honda ini pun akan memiliki tenaga yang lebih besar dibanding bila menggunakan komponen bawaan.

Namun demikian, perlu diperhatikan juga dalam proses pemasangan piston. Pada bagian coakan klepnya agaknya harus diperdalam 1 mm. Hal itu demi mengurangi benturan dengan kelep yang dapat mengakibatkan piston cepan aus.

Pengaturan Kepala Silinder juga Berdampak Baik dalam Meningkatkan Performa Moge Honda Tiger 2000

Modifikasi sejatinya tidak hanya dilakukan di body motor, tapi juga bisa di area mesin. Tujuan dari modifikasi ini tentu saja, untuk meningkatkan performa mesin agar lebih baik dan sesuai dengan yang kita inginkan.

Lebih lanjut, terkait modifikasi ini, bagian silinder pada saluran masuk dan buang dilakukan porting dan polish. Kemudian sitting klep agak dibubut sedikit kemudian sudutnya diatur ulang. Bos klep juga terkena papas bor tuner untuk meningkatkan aliran bahan bakar dan udara yang masuk pada ruang pembakaran.

Baca Juga :  Modifikasi Motor Vespa Agar Terlihat Lebih Keren

Hal Final yang Harus Dilakukan untuk Meningkatkan Performa Moge Honda Tiger 2000 adalah dengan Mengatur Karburatornya

Tiger 2000 adalah motor yang masih menggunakan karburator dalam proses pembakaran. Hal ini tentu kabar baik peminat otomotif di era FI seperti sekarang. Sebab dibandingkan FI, karburator bersifat lebih fleksibel, mudah diatur untuk kepentingan peningkatan performa.

Untuk meningkatkan performa melalui karburator moge Honda Tiger 2000 sendiri hanya perlu melakukan reamer pada venturi menjadi 28 mm. Pengaturan tersebut memungkinkan peningkatan intensitas udara yang masuk ke ruang bakar dan meningkatkan ledakan di ruang bakar.

Selain pengaturan tersebut, bagian karburator lain yang harus diatur adalah pilot jet-nya. Naikkan satu step menjadi 40 dan pengaturan spuyer secukupnya.

Nah, itulah beberapa tips dan trik meningkatkan performa moge Honda Tiger 2000 yang bisa kalian tiru. Jangan lupa bereksplorasi. Asal main aman, peningkatan motor sah-sah saja, kok, tidak ada yang salah. Iya, kan?