Resep Pancake Lembut Anti Gagal dengan Pondan!

0 Comments

Sebagai makanan yang berbahan dasar tepung terigu, susu dan telur, resep pancake awalnya bukan makanan asli orang Indonesia. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pancek atau pannekoek banyak disajikan di restoran sebagai sarapan maupun kudapan pembuka karena rasanya yang manis dan enak.

resep pancake

Ditambah lagi dengan cara membuatnya yang mudah dan toppingnya yang bermacam-macam, pancake kemudian jadi makanan populer dan bisa dibuat di rumah. Ya, hidangan yang aslinya berasal dari Belanda ini memang kerap ditambahkan mentega, sirup mapple, selai, keju, buah-buahan bahkan es krim yang tentunya akan semakin menambah selera.

Penasaran dengan cara membuat resep pancake dan bahan-bahannya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

  • Menyiapkan bahan dasar

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat pancake adalah dengan menyiapkan bahan dasar. Adapun bahan dasar dari kudapan pancake antara lain adalah 100 gram tepung terigu, 250 ml susu cair, garam, margarin dan 1 butir telur.

Bahan dasar ini adalah bahan dasar untuk membuat pancake tradisional, jika kamu menggunakan pondan untuk membuat pancake, maka kamu tidak membutuhkan bahan-bahan di atas kecuali susu cair ya.

  • Menyiapkan topping

Setelah menyiapkan bahan dasar pembuat pancake, kamu harus menyiapkan topping sebagai bahan pelengkap dari hidangan pancake. Topping tersebut diantaranya adalah sirup maple, es krim, strawberry atau coklat leleh sesuai selera.

Jika kamu menggunakan resep pancake pondan untuk adonan pancakenya, mungkin kamu akan menemukan beberapa rasa sekaligus tanpa perlu menambahkan rasa didalamnya. Oleh sebab itu, kamu harus memilihkan topping yang tepat yang cocok dengan rasa yang kamu pilih.

  • Menyiapkan peralatan masak

Setelah menyiapkan bahan dan topping, kamu harus menyiapkan alat masak yang di antaranya adalah wajan anti lengket, gelas takar dan kuas.

  • Cara membuat

Masukkan susu cair, tepung terigu yang telah diayak, dan kuning telur dalam satu wadah. Lalu aduk-aduk atau kocok adonan hingga merata. Setelah itu, beri sedikit garam dan aduk rata hingga tak ada bagian adonan yang menggumpal. Jika kamu menggunakan pondan, kamu cukup mencampur pondan dengan susu cair lalu aduk rata.

Baca Juga :  Kaya Manfaat, Ini 6 Alasan Harus Konsumsi Ikan Salmon

Siapkan teflon atau wajan anti lengket di atas kompor yang menyala lalu pasang dengan api kecil. Setelah wajan panas, tuang sedikit demi sedikit adonan ke atas wajan hingga terdapat pori-pori di bagian tengahnya.

Setelah satu sisi matang, balik bagian lainnya lalu tunggu hingga kedua sisinya matang. Setelah itu, kamu bisa menghiasi pancakemu dengan menuangkan sirup maple, menambahkan es krim dan irisan strawberry segar tepat di atasnya.

Bagaimana? Sangat mudah bukan ternyata untuk membuat pancake? Ya, makanan yang sudah ada sejak jaman romawi kuno ini memang terkenal dengan rasa manis dan gurih di dalamnya. Bedanya, dulu pancake adalah hidangan utama di meja-meja makan.

resep pancake 1

Sekarang ini, bahkan sudah ada produk khusus untuk adonan pancake. Salah satu yang paling digemari adalah pondan. Dengan resep pancake pondan ini, kamu tak perlu repot-repot lagi menyiapkan adonan atau menakar adonan hingga jadi resep pancake yang pas loh. Kamu cukup membeli sebungkus pondan lalu campurkan dengan susu cair dan voila! Jadilah pancake yang enak!

Baik dijadikan sarapan maupun kudapan penutup, resep pancake ini tak ada salahnya dicoba untuk dihidangkan di rumah ya! Selamat mencoba dan selamat menikmati manis-gurihnya pancake!