Syarat Perpanjang STNK dan Tata Caranya

0 Comments

Memiliki kendaraan bermotor berarti siap mengurus kepemilikannya juga tanggungan pajaknya. Masalah STNK salah satunya, tanda bukti yang sah atas kepemilikan kendaraan bermotor ini harus diperpanjang setiap tahun atau jangka waktu lima tahun. Surat yang berisi segala data pemilik dan data kendaraan seperti merk, jenis, tahun pembuatan, perakitan, juga isi silinder, warna nomor rangka, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, dan seterusnya ini sangat penting sebagai tanda resmi kendaraan yang sobat miliki. Surat ini diterbitkan oleh SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal satu Atap).

Nah, seringkali ketika sudah waktunya memperpanjang, sobat merasa bingung atau malas mengurusnya dan memilih menyerahkannya pada calo, padahal dengan mengurus sendiri tentu sobat bisa menghemat biaya untuk membayar calo dan otomatis dapat pelajaran kecakapan mengurus surat penting. Nah, karenanya di artikel berikut ini akan dipapaparkan syarat perpanjang STNK agar mempermudah sobat mengurusnya, simak yuk…. !

Mau Memperpanjang STNK? Ketahui Syarat-Syaratnya Yuk!

Syarat perpanjang STNK berikut merupakan syarat perpanjang STNK motor yang dilansir oleh Divisi Humas POLRI ;

Syarat perpanjang STNK :

1. Isi formulir permohonan perpanjangan STNK sesuai dengan data yang tertera pada STNK dan BPKB, formulir bisa diambil di loket pendaftaran.
Berkas-berkas syarat perpanjang STNK tahunan :
– STNK asli dan fotocoy
– Fotocopy BPKB
– KTP asli dan fotocopy sesuai nama di STNK dan BPKB

Berkas-berkas syarat perpanjang STNK lima tahunan :
– Cek fisik kendaraan
– STNK asli dan fotocopy
– Fotocopy BPKB
– KTP asli dan fotocopy sesuai nama di STNK dan BPKB

2. Serahkan semua berkas pada loket yang tersedia
3. Tunggu sampai nama dipanggil
4. Kemudian sobat akan diberi slip pembayaran pajak, yang di dalamnya tercantum biaya pajak yang wajib sobat bayarkan.
5. Serahkan slip dan uang pembayaran di kasir
6. Bawa bukti pelunasan pembayaran, kemudian serahkan pada petugas untuk mengambil STNK.
7. Tunggu nama sobat dipanggil kembali.
8. Khusus untuk proses perpanjangan lima tahunan setelah selesai pembayaran STNK, sobat bisa membawa bukti pembayaran pajak STNK tersebut ke loket pengambilan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) guna mengambil plat nomor baru.

Baca Juga :  Biaya Balik Nama Motor

Proses perpanjangan STNK ini bisa juga sobat lakukan di SAMSAT keliling, selain di gerai SAMSAT dan kantor SAMSAT setempat.

Setelah menyimak syarat perpanjang STNK di atas berikut cara lengkapnya, sobat yang akan melakukan perpanjangan pasti lebih tertarik mencobanya bukan? Dibanding mengandalkan jasa calo yang berarti juga harus merogoh kocek lebih untuk memperpanjang STNK.

Tapi terkadang memperpanjang STNK terkendala karena ada salah satu berkas yang tidak bisa dipenuhi, biasanya ini terjadi pada BPKB. Jika kesulitan sobat karena tidak adanya BPKB, maka sobat perlu menyimak ulasan berikut agar bisa tahu syarat perpanjang STNK tanpa BPKB.

syarat perpanjang stnk

Syarat perpanjang STNK seperti yang telah disebutkan di atas mengharuskan adanya BPKB, tapi jika memang BPKB tidak bisa diserahkan misal karena dalam leasing, maka sobat bisa menggantinya dengan memberi keterangan dan menyerahkan bukti pelunasan PKB dan SWDKLL, selain menyerahkan KTP dan STNK asli. Ini bisa dipraktekkan husus untuk perpanjangan STNK tahunan, jika perpanjangan STNK lima tahunan maka harus tetap disertai BPKB ya sobat… Jadi, ya, biar bagaimanapun jika perpanjangan STNK lima tahunan sobat harus membawa BPKB ¬†agar prosesnya bisa dilakukan.

Taat lalu lintas, perpanjang STNK sesuai aturan!